Jurnal Pembalik yang Perlu Diketahui

image

Jurnal Pembalik yang Perlu Diketahui

Jurnal pembalik merupakan jurnal yang dibuat pada awal periode akuntasi berikutnya untuk membalik jurnal penyesuaian yang menimbulkan perkiraan riil baru. 

Jurnal ini adalah jurnal yang dibuat untuk membalik jurnal penyesuaian yang memiliki kemungkinan menimbulkan akun pada neraca saldo. Lalu, bagaimana jika tidak membuat jurnal tersebut? Maka, akan ada akun ganda pada neraca saldo.

Jadi, jurnal pembalik yang harusnya dibuat pada awal periode akuntansi ini berguna untuk membalik ayat jurnal penyesuain yang bisa menimbulkan perkiraan riil baru. 

Perbedaan Jurnal Pembalik dan Jurnal Penyesuaian

Sejak awal sudah disinggung tentang jurnal penyesuaian, mungkin Anda menjadi penasaran, apa itu jurnal penyesuaian? Apakah perbedaan mendasar keduanya yang ternyata saling berkaitan tersebut? Mari simak ulasannya di bawah ini!

Jurnal Penyesuaian

Jurnal penyesuaian biasanya akan dibuat dalam bentuk pencatatan dan perubahan saldo dalam akun, sehingga saldo tersebut mampu mencerminkan jumlah sesungguhnya. Jurnal penyesuaian ini digunakan untuk menyesuaikan keadaan yang sesungguhnya dari segi pendapatan maupun beban pada periode yang bersangkutan. 

Oleh karena itu, jurnal ini berguna untuk menetapkan saldo catatan akun dalam buku besar yang nantinya akan sangat dibutuhkan pada akhir periode sehingga sesuai dengan saldo riil-nya. 

Jurnal Pembalik 

Jurnal pembalik hadir berguna untuk menyederhanakan pembuatan jurnal pada periode berikutnya. Selain itu, juga digunakan agar dapat meminimalisir kekeliruan yang bisa saja terjadi dalam proses pencatatan. Maka dari itu, jurnal ini biasanya akan sangat bermanfaat untuk perusahaan yang membuat banyak jurnal . 

Penyusunan jurnal pembalik dalam siklus akuntansi ini merupakan opsional. Artinya, Anda boleh membuatnya atau tidak, dan Anda bisa saja membuatnya jika Anda membutuhkannya ketika menghadapi kasus-kasus tertentu dalam membuat laporan keuangan.

Tujuan dan Manfaat Pembuatan Jurnal Pembalik

Dibuatnya jurnal ini tentu saja memiliki tujuan dan manfaat bagi para akuntan perusahaan. Nah, berikut ini beberapa tujuan dan manfaat pembuatan jurnal pembalik yang perlu Anda ketahui. 

Tujuan: 

  • Mempermudah pengawasan dalam pembuatan laporan keuangan dan konsistensi pencatatan akun-akun tertentu. 
  • Mempermudah pencatatan transaksi yang berkaitan dengan akun-akun dalam ayat jurnal penyesuaian. Biasanya, hal tersebut terjadi pada awal periode perusahaan.
  • Dapat menghindari kemungkinanan terjadinya kesalahan dalam pencatatan berganda pada akun periode selanjutnya di akun-akun tertentu.

Manfaat: 

  • Bermanfaat mempermudah pencatatan transaksi dalam pembuatan laporan keuangan.
  • Mampu meminimalisir kekeliruan yang mungkin saja terjadi saat pembuatan laporan keuangan. 
  • Bisa menyusun jurnal pada periode berikutnya secara sederhana. Hal tersebut akan sangat berpengaruh pada perusahaan yang memiliki banyak ayat jurnal penyesuaian. 

Akun-Akun Jurnal Penyesuaian yang Butuh Jurnal Pembalik

Terdapat tanda-tanda bagi beberapa akun jurnal penyesuaian yang biasanya akan membutuhkan jurnal pembalik. Tanda-tanda tersebut adalah jika akun jurnal penyesuaian menimbulkan akun riil yang baru atau belum muncul di neraca saldo. 

Nah, berikut ini beberapa akun penyesuaian yang membutuhkan jurnal ini pada awal periode:

  1. Akun jurnal penyesuaian yang mencatat tentang beban yang masih harus dibayar. 
  2. Akun jurnal penyesuaian yang mencatat tentang beban yang dibayar di muka (jika tercatat sebagai sebuah beban). 
  3. Akun jurnal penyesuaian yang mencatat tentang pendapatan yang masih akan diterima. 
  4. Akun jurnal penyesuaian yang mencatat pendapatan yang diterima di muka (apabila tercatat sebagai pendapatan). 
  5. Akun jurnal penyesuaian yang mencatat pemakaian atas perlengkapan (Jika tercatat sebagai suatu beban).


HUBUNGI KAMI :

Hotline : (021) 22085079

Call/WA : 0818 0808 0605 (Ikhwan)

CAll/SMS : 0812 1009 8812/ 0812 1009 8813

Email:  kjaashadi@gmail.com; info@kjaashadi.com

Wed, 30 Oct 2019 @12:58


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2019 KJA ASHADI DAN REKAN · All Rights Reserved
powered by sitekno